Cari Blog Ini

Jumat, 17 Desember 2010

TANYA JAWAB by "SAUT HYDRO FILTER"

Tanya Jawab  
 

Kolam Berbusa

PERTANYAAN :
Dear para pakar Koi,

Ada sedikit yang mengganggu mata jika melihat kolam koi ku sekarang ini. Beberapa waktu belakangan yaitu sekitar 3 minggu lebih, selalu ada busa yang menempel di dinding kolam kadang cukup banyak walau sering dibersihkan dengan jaring tapi tidak berapa lama muncul busa kembali.

Memang tidak terlalu banyak tapi cukup mengganggu keindahan kolam ( ukuran kolam 3 x 1 mtr ). Sebagai informasi, filter saya menggunakan sytem 4 camber dengan media bioball ( camber 1 ) dan batu Zeolit (camber 2 & 3 ).

Yang ingin saya tanyakan :
1. Busa tsb timbul karena apa ?
2. Sejauh ini keadaan kolam dan kondisi ikan cukup baik dan sehat. Apakah ada penyakit atau virus lainnya ?
3. Bagaimana cara mengatasinya ?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas masukannya.

Salam
Ali Santoso
JAWABAN :
Busa itu terbentuk karena kadar DOC( dissolved organic compound) cukup tinggi.DOC ini terbentuk dari kotoran,urine ikan,uneaten food yang larut dalam air.
Ada 2 cara utk mengurangi DOC :
1. Memasang Protein Skimmer
2. Mengganti Air secara berkala sebanyak 20% - 40%
Semoga info ini  membantu

( Siong )
Saya juga dulu punya pengalaman yang sama, Filter pake Bioball dan Zeolit, hasilnya kolam berbusa banget, apalagi kalo udah dikasih garam ikan, kayak dikasih sabun itu kolam zeolit yang bapak pake itu zeolit yang bentuknya batu-batu  itu ya ? saya juga dulu pake itu, kalo dari info yang saya baca, seharusnya Zeolit yang dipake yang sudah di olah dan harganya lumayan mahal. sbg info, untuk
filter di rumah, saya juga pake zeolit, tapi air ga berbusa, karena Zeolitnya yang sudah diproses, banyak dijual di tukang filter air untuk rumah tangga.
  Sekarang saya pake Bioball, Filtermat dan Brush, ditambah lampu UV di bak Vortex, Alhamdulillah sampe sekarang airnya kinclong terus.Mudah2an membantu ....

( Adam S )
Punya saya sdh lebih dari 6 tahun pake filter zeolit + bioball/bakteri tapi kolam tidak pernah berbusa sama sekali dan airnya jernih serta lumut dinding bisa berkembang dengan baik sebagai cadangan makanan ikan koi jika kita tinggal keluar kota 2-4 hari tanpa makanan.
Kalo mo bersihkan batu zeolit, harus diangkat dari Filter dan direndam air garam kemudian bilas dgn air bersih hasil dr Filter supaya batu zeolitnya bersih dari partikel2 yg membahayakan dan tidak membuat air kolam berbusa.

Tidak ada komentar: